Bolehkah Threading Alis Dalam Islam? | Wahyujts.id

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bolehkah Threading Alis dalam Islam?

Bolehkah Threading Alis dalam Islam? (Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA - Bolehkah threading alis dalam Islam? Hal ini mungkin tetap menjadi pertanyaan bagi sebagian muslimah. 

Threading alis adalah teknik pembentukan dan penghilangan bulu alis menggunakan seutas benang katun tipis nan dipelintir untuk mencabut bulu hingga ke akarnya. Metode ini dapat membikin alis menjadi rapi. 

Lalu, bolehkah mencukur alis alias merapikannya dalam Islam? Terkait perihal ini, alis sebagaimana tubuh secara keseluruhan merupakan perhiasan wajah nan Allah karuniakan kepada manusia. Karenanya diwajibkan merawat perhiasan nan telah Allah SWT berikan. Di samping perawatan kita juga kudu merapikan anugerah-Nya. 

Namun, ada sejumlah rambu-rambu nan mesti dipatuhi dalam perihal merawat tubuh. Misalnya seperti hadits Rasulullah SAW sebagai berikut.

 «لَعَنَ اللَّهُ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَة، وَالْوَاشِرَةَ وَالْمُسْتَوْشِرَة، وَالْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَة، وَالْمُتَنَمِّصَات وَالْمُتَفَلِّجَات لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللَّهِ» 

Artinya : “Allah melaknat wanita nan menyambung rambut, wanita nan membantu menyambung rambut, wanita nan menajamkan gigi, wanita nan membantu menajamkan gigi, wanita nan menato tubuh, wanita nan membantu menato tubuh, wanita nan mencabut alis, wanita nan merenggangkan gigi demi berdandan nan mana mengubah buatan Allah.” 

Melansir laman NU, Jumat (12/9/2025), perihal hadits di atas, ada baiknya menyimak pandangan Syekh Ahmad bin Ghanim nan bermadzhab Maliki. Menurutnya, mencukur bulu alis kudu dibedakan dari “menyambung rambut” seperti disebutkan di dalam hadits.

 وَيُفْهَمُ مِنْ النَّهْيِ عَنْ وَصْلِ الشَّعْرِ عَدَمُ حُرْمَةِ إزَالَةِ شَعْرِ بَعْضِ الْحَاجِبِ أَوْ الْحَاجِبِ وَهُوَ الْمُسَمَّى بِالتَّرْجِيحِ وَالتَّدْقِيقِ وَالتَّحْفِيفِ وَهُوَ كَذَلِكَ وَسَيَأْتِي لَهُ مَزِيدُ بَيَانٍ. قَالَ ابْنُ رُشْدٍ: وَمَا يُحْكَى مِنْ إبَاحَتِهِ فَمَرْدُودٌ لِمُخَالَفَتِهِ، وَالدَّلِيلُ عَلَى حُرْمَةِ ذَلِكَ مَا فِي الصَّحِيحَيْنِ مِنْ قَوْلِهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «لَعَنَ اللَّهُ  إلى الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللَّهِ» وَالتَّنْمِيصُ هُوَ نَتْفُ شَعْرِ الْحَاجِبِ حَتَّى يَصِيرَ دَقِيقًا حَسَنًا، وَلَكِنْ رُوِيَ عَنْ عَائِشَةَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا - جَوَازُ إزَالَةِ الشَّعْرِ مِنْ الْحَاجِبِ وَالْوَجْهِ وَهُوَ الْمُوَافِقُ لِمَا مَرَّ مِنْ أَنَّ الْمُعْتَمَدَ جَوَازُ حَلْقِ جَمِيعِ شَعْرِ الْمَرْأَة مَا عَدَا شَعْرَ رَأْسِهَا، وَعَلَيْهِ فَيُحْمَلُ مَا فِي الْحَدِيثِ عَلَى الْمَرْأَةِ الْمَنْهِيَّةِ عَنْ اسْتِعْمَالِ مَا هُوَ زِينَةٌ لَهَا كَالْمُتَوَفَّى عَنْهَا وَالْمَفْقُودِ زَوْجُهَا. قَالَ خَلِيلٌ: وَتَرَكَتْ الْمُتَوَفَّى عَنْهَا فَقَطْ وَإِنْ صَغُرَتْ وَلَوْ كِتَابِيَّةً وَمَفْقُودًا زَوْجُهَا التَّزَيُّنَ، وَلَا مَانِعَ مِنْ تَأْوِيلِ الْمُحْتَمَلِ عِنْدَ وُجُوبِ الْعَارِضِ، وَلَا يُقَالُ فِيهِ تَغْيِيرٌ لِخَلْقِ اللَّهِ، لِأَنَّا نَقُولُ: لَيْسَ كُلُّ تَغْيِيرٍ مَنْهِيًّا عَنْهُ، أَلَا تَرَى أَنَّ خِصَالَ الْفِطْرَةِ كَالْخِتَانِ وَقَصِّ الْأَظْفَارِ وَالشَّعْرِ وَغَيْرِهَا مِنْ خِصَاءِ مُبَاحِ الْأَكْلِ مِنْ الْحَيَوَانِ وَغَيْرِ ذَلِكَ جَائِزَةٌ. 

Dari keterangan larangan menyambung rambut ini,  dapat dipahami ketidakharaman untuk menghilangkan bulu sebagian alis alias alis secara keseluruhan. Ini nan disebut tarjih, tadqiq, tahfif. Berikut ini tambahan keterangannya. 

Ibnu Rusyd mengatakan, pendapat nan membolehkannya ditolak lantaran menyalahi dalil. Dalil nan mengharamkannya jelas disebut di dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim. Rasulullah SAW bersabda, “Allah melaknat wanita nan menyambung rambut....” 

Selengkapnya